Garansi TV LG – LG hadir memberikan kemudahan dalam menjalani hidup dengan berbagai produk elektronik inovatif yang dikeluarkannya. Bukan cuma mesin cuci saja produk yang dihasilkan, namun banyak produk seperti smartphone, PC, AC, monitor, projector, water purifier, external HDD, dan lain lain. Sekarang ini LG juga populer sebagai pembesut smartphone android canggih seperti LG G4 Stylus. Bukan hanya produk yang inovatif, LG juga 100% dalam hal memberikan pelayanan purnajual.
Setiap pembelian produk dari LG Electronic di toko toko resmi maka para konsumen akan mendapatkan jaminan garansi akan produk yang dibeli. Lamanya garansi tiap jenis produk dari LG berbeda, tergantung dari kebijakan yang diberikan oleh perusahaan.
Daftar Isi
Kartu garansi akan didapat setelah melakukan pembelian salah satu produk dari LG yang nantinya kartu tersebut bisa digunakan sewaktu waktu jika terjadi kerusakan pada produk, yang tentunya masih dalam masa garansi.
Jika pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai GARANSI TV POLYTRON, di kesempatan kali ini teknisitv akan membahas mengenai garansi TV LG. jadi untuk yang sedang mencari informasi mengenai hal tersebut, bisa simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.
Garansi TV LG Terbaru
Untuk produk yang masih bergaransi, LG Electronics menjamin biaya perbaikan melalui otorisasi service center masing masing kota. Masa garansi produk ditetapkan oleh LG electronics berdasarkan peraturan kompensasi terhadap kerusakan produk yang dialami pelanggan. Ketentuan garansi untuk masing masing produk tidak sama, berikut ini penjelasannya.
1. Waktu Garansi Berdasarkan Produk
PRODUK | RINCIAN | MASA GARANSI |
Produk Secara Umum | Handphone, Kulkas, TV, Microwave, Mesin Cuci, PC, Monitor, Humidifer dan Lain – lain | 1 Tahun |
Produk Musiman | AC, Kipas Angin, Unit Heater dan lain-lain | 1 Tahun |
2. Standard Estimasi Untuk Biaya Service
Berdasakan kerangka undang – undang konsumen yang ditetapkan pemerintah, biaya service akan dikenakan kepada pelanggan. Biaya service tersebut meliputi harga suku cadang dan biaya perbaikan, yaitu :
- Harga Suku Cadang : Harga suku cadang yang dipakai ketika memperbaiki produk.
- Repair Cost ( Biaya Perbaikan) : Biaya perbaikan yang mengacu pada tingkat kerusakan.
- Biaya Kunjungan : Hal ini akan dikenakan pada pelanggan ketika meminta kunjungan teknisi guna memperbaiki produk yang telah habis masa garansinya.
3. Ketentuan Layanan Produk Bergaransi
Berikut ini merupakan ketentuan layanan yang akan diberikan pada produk yang masih dalam masa garansi :
1. Kerusakan atau kegagalan penggunaan pada kondisi normal yang terjadi dalam masa garansi.
2. Terjadi kerusakan / kegagalan yang sama, penjelasannya sebagai berikut:
- Katergori Garansi
KATEGORI | STATUS | GARANSI |
Dengan Suku Cadang | Dalam Masa Garansi | 1 Tahun (suku cadang yang sama) |
Tanpa Suku Cadang | Dalam Masa Garansi | 2 Bulan (suku cadang / masalah yang sama) |
4. Ketentuan Layanan Produk Diluar Garansi
Berikut ini merupakan ketentuan atau hal hal yang tidak masuk / tidak mendapat garansi (diluar garansi) :
1. Masa Garansi
- Produk telah habis masa garansinya.
2. Pemindahan / Install
- Pemasangan kembali atau permintaan konsumen untuk menghubungkan ke perangkat luar ( memindahkan perangkat, memasang atau menghubungkannya setelah pembelian produk dari internet.
3. Brand atau Merk Produk Berbeda
- Kesalahan karena sebab merk produk berbeda atau pengkoneksian perangkat yang berbeda atas permintaan konsumen, seperti dekoder, router, perangkat game, kabel (penghubung), tempered glass, software, pompa pembuangan, PC rakitan dari perusahaan lain.
4. Expandability (suku cadang pendukung)
- Masa garansi komponen telah habis, seperti baterai, ramps, head, tonner, tinta, filter dan lainnya.
- Produk rusak karena pelanggan memakai part yang bukan disediakan oleh LG.
5. Bencana Alam
- Produk rusak karena bencana alam, seperti banjir, gempa, badai, petir, kebakaran, korosi dan lain lain.
6. Kesalahan Konsumen
- Produk rusak karena kesalahan pengguna, termasuk sofware.
- Produk rusak karena pelanggan tidak mengikuti petunjuk buku manual.
- Produk rusak karena konsumen melakukan rooting / modifikasi sendiri tanpa melalui service center.
- Permohonan perbaikan yang dilakukan oleh konsumen karena pengaruh lingkungan eksternal, diantaranya seperti antena, internet, sinyal dan lainnya.
- permohonan perbaikan oleh pelanggan karena air / gas mati.
- Produk rusak karena kesalahan pengguna seperti kesalahan pada stop kontak, kabel parallel, soket, power tidak menyala, kesalahan sambungan listrik dan lainnya tanpa adanya konfirmasi sebelumnya.
7. Lain-lain
- Permintaan kunjungan oleh konsumen, meski produk tidak rusak serta masih dalam masa garansi.
Program Perpanjangan Masa Garansi Produk LG
Program yang dinamakan Perpanjangan Garansi (Extended Warranty) dikenal dengan 1+1 Year, yang artinya garansi resmi produk pada saat pembelian 1 tahun ditambah 1 tahun perpanjangan garansi. Jadi konsumen memperoleh total garansi produk 2 tahun. Berikut ini merupakan tabel daftar perpanjangan garansi dan biaya penambahan untuk setiap produk LG.
1. Daftar Penambahan Biaya dan Perpanjangan Garansi
PRODUK | KATEGORI | PERIODE PERPANJANGAN | BIAYA PERPANJANGAN GARANSI |
LTV | 32 inch 43 inch 49 inch 55 inch – 60 inch 65 inch 70 inch – 75 inch 76 inch keatas | 1 Tahun 1 Tahun 1 Tahun 1 Tahun 1 Tahun 1 Tahun 1 Tahun | Rp 400.000 Rp 500.000 Rp 600.000 Rp 1.000.000 Rp 1.500.000 Rp 2.000.000 Rp 4.500.000 |
RAC | LG Inverter 0,5 PK – 1,5 PK LG Inverter 2PK | 1 Tahun 1 Tahun | Rp 150.000 Rp 250.000 |
REF | Small REF 170 L – 190 L Medium REF 187 L – 225 L Medium REF 272 L – 333 L Large REF 416 L – 547 L Side by Side 500 L – 687 L Door in Door 668 L – 679 L Door in Door 931 Land keatas | 1 Tahun 1 Tahun 1 Tahun 1 Tahun 1 Tahun 1 Tahun 1 Tahun | Rp 150.000 Rp 170.000 Rp 200.000 Rp 250.000 Rp 450.000 Rp 770.000 Rp 1.300.000 |
WM | Twin Tub Top Load 7 Kg – 10 Kg Top Load (mini wash) Top Load 11,5 Kg keatas Front Load 7 Kg – 8 Kg Front Load 9 Kg – 14 Kg Front Load (main wash) Twin Wash | 1 Tahun 1 Tahun 1 Tahun 1 Tahun 1 Tahun 1 Tahun 1 Tahun 1 Tahun | Rp 150.000 Rp 150.000 Rp 150.000 Rp 250.000 Rp 150.000 Rp 270.000 Rp 470.000 Rp 600.000 |
2. Syarat dan Ketentuan Perpanjangan Garansi
Berikut syarat dan ketentuan untuk mendapatkan perpanjangan garansi :
- Berlaku untuk produk bergaransi resmi LG, yang diproduksi mulai tahun 2019.
- Saat registrasi, konsumen wajib menunjukan tanda bukti garansi.
- Kartu Extended Warranty hanya berlaku di wilayah Indonesia dan wajib dibawa saat melakukan klaim.
- Extended warranty aktif setelah pembayaran diterima, selanjutnya akan mendapat notifikasi dari LG (maksimal 7 hari kerja).
- Ketentuan garansi sama dengan ketentuan kartu garansi pada kemasan produk.
- Untuk registrasi bisa dilakukan melalui layanan CIC di nomor 14010, langsung datang ke service center dan layanan In Home Service.
Akhir Kata
Demikian pembahasan mengenai garansi TV LG yang bisa teknisitv bagikan semoga bisa membantu dan juga bermanfaat serta bisa menambah wawasan bagi para pembacanya.